Pengertian Pupuk Organik

Pengertian Pupuk Organik

Pengertian Pupuk Organik 

1.  Apa Itu Pupuk Organik?

Sebelum kamu memulai bisnis pupuk organik, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu pupuk organik. Pupuk organik adalah pupuk yang terbuat dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan, dan manusia. Pupuk organik dapat berbentuk cair atau padat yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

2. Mengenal Lebih Dalam Pupuk Organik
Mengapa pupuk organik lebih baik dibanding pupuk kimia sintetis? Pupuk organik memiliki nutrisi yang lebih lengkap baik makro maupun mikro, namun takarannya sedikit dan komposisinya tidak pasti. Sedangkan pupuk kimia sintetis hanya memiliki beberapa kandungan nutrisi saja, namun jumlahnya banyak dan komposisinya pasti. Misalnya urea banyak mengandung unsur nitrogen dalam jumlah yang cukup tapi tidak memiliki zat nutrisi lainnya. Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen, limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian, dan limbah kota. Pupuk organik juga memiliki banyak karakteristik, yaitu untuk sumber nutrisi tanaman lengkap, memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kapasitas tukar kaiton, meningkatkan daya simpan air, dan meningkatkan aktivitas biologi tanah.

3. Memulai Bisnis Pupuk Organik

Setelah kamu mengetahui segala macam hal tentang pupuk organik, tidak ada salahnya kamu untuk mencoba memulai bisnis pupuk organik. Diperlukan lumayan banyak kebutuhan tempat dan peralatan untuk mengakomodir bisnis pupuk organik kamu. Kamu harus memiliki lahan yang cukup untuk menjalankan bisnis pupuk organik, setelah itu kamu juga membutuhkan peralatan seperti mesin pemotong rumput, pompa, sabit, drum, cangkul, ayakan, terpal, timbangan, selang, wadah, alat penjahit karung, sarung tangan, dan peralatan lainnya.

Info Lebih Lanjut
Nama: A. Salman Agustian, S.H
WhatsApp: 085220202737

bioecofarming.com

Tinggalkan Balasan